Tutorial Membuat Game HOMPIMPA dalam Bahasa C
Game Hompimpa Console
Halo semua, Untuk Posting Pertama saya mau sharing
gimana cara membuat game dari bahasa pemrogaman C.
"Hah, sulit nggak tuh?" Sulit nggak nya sih tergantung seberapa terlatihnya logika dan kemampuan kita. saya akan bikin game Hompimpa.
"Hah, sulit nggak tuh?" Sulit nggak nya sih tergantung seberapa terlatihnya logika dan kemampuan kita. saya akan bikin game Hompimpa.
Oke, disini saya menggunakan software Code::Blocks
untuk meng-compile. Apabila kalian belum punya software tersebut, bisa
juga menggunakan sofware Dev-C++
oh iya, di sini kita bermain bersama cpu.
... gmana tuh, emangnya cpu bisa idup ?
haha gak dong, system nya kita bermain dengan cpu, maksudnya cpu itu akan kita random.
berikut syntax.
cpu=rand()%3;//angka yang dikeluarkan oleh CPU
dirandom mulai dari angka 0 sampai 3
udah penasaran !. baiklah langsung ke tkp aja
berikut screenshoot nya :)
1.Tampilan Awal game Hompimpa dan analisinya
2.Langkah Selanjutnya Klik Enter untuk memulai Game , maka akan tampil berikut ini
0. => kondisi anda memilih Gunting
1. => kondisi anda memilih Kertas
2. => kondisi anda memilih Batu
pada game saya ini, saya hanya memberikan 3 nyawa buat bermain. jadi jika anda kalah selama 3x maka game akan berakhir :D
maaf bukan bermaksud kejam, tpi itu lah peraturan yang saya buat ^ _ ^ akan tetapi jika anda ingin mengubah berapa nyawa nya bisa kok !
lanjut yahh...
3. Tampilan ketika Anda Menang melawan CPU
ketika anda salah maka nyawa anda akan berkurang 1 :D
5. tampilan ketika Anda seri melawan CPU
game akan berkahir ketika nyawa anda habis :D , nah data anda akan keluar berapa x anda menang, berapa x anda kalah & berapa x anda seri melawan CPU .
7. Tampilan penutup
untuk memudahkan anda untuk membuat game nya :)
oke berikut source code-nya
#include<stdio.h>
#include<stdlib.h>
void opening ()//menu awal mulai game
{
printf("\n\n\n\t\t====================================\n");
printf("\t\t\tSELAMAT DATANG di GAME\n");
printf("\t\t\t HOMPIMPA\n");
printf("\t\t Gunting || Kertas || Batu\n");
printf("\t\t====================================\n");
system("pause");
}
main ()
{
int player;//variabel untuk menyatakan angka yang kita input
int cpu;//variabel untuk menyatakan angka yang dikeluarkan oleh CPU
int kalah=0;//variabel untuk menangpung nilai kalah di mulai dari 0
int menang=0;//variabel untuk menangpung nilai menang di mulai dari 0
int seri=0;//variabel untuk menangpung nilai seri di mulai dari 0
system("title GAME HOMPIMPA");//untuk mengubah nama judul console,kalau tidak diganti maka nama akan menjadi tempat lokasi penyimpanan codingan
opening();//menampilkan void opening
while(kalah<3)//kesempatan player bermain hanya 3x
{
system("CLS");//untuk mengosongkan layar
cpu=rand()%3;//angka yang dikeluarkan oleh CPU dirandom mulai dari angka 0 sampai 3
printf("\t (pilihlah sesuai yang ada pada pilihan)\n");
printf("\n\tGame Gunting Kertas Batu ");printf("\t\t\t\t\t%d=",3-kalah);putchar(3);//menampilakn jumlah nyawa, dan putcher menampilkan kode ascii 3
printf("\n");
printf("\t\t0. Gunting\n");
printf("\t\t1. Kertas\n");
printf("\t\t2. Batu\n");
printf("\tMana yang ingin Anda Pilih ? ");
scanf("%d",&player);//player menginput angka yang dipilihnya
if(player==0)//kondisi jika player memilih gunting
{
switch(cpu)
{
case 0:
system("CLS");
printf("\n\n");
printf("\t ANDA vs CPU \n");
printf("\tGUNTING =><= GUNTING\n");
printf("\n\tHasilnya = SERI\n");
seri=seri+1;//setiap player seri maka nilai 1 di tampung dalam variabel seri
break;
case 1:
system("CLS");
printf("\n\n");
printf("\t ANDA vs CPU \n");
printf("\tGUNTING =><= KERTAS\n");
printf("\n\tHasilnya = ANDA MENANG ");putchar(1);
printf("\n\n");
menang=menang+1;//setiap player menang maka nilai 1 di tampung dalam variabel menang
break;
case 2:
system("CLS");
printf("\n\n");
printf("\t ANDA vs CPU \n");
printf("\tGUNTING =><= BATU\n");
printf("\n\tHASILNYA = ANDA KALAH ");putchar(2);
printf("\n\n");
kalah=kalah+1;//setiap player kalah maka nilai 1 akan ditampung dalam variabel kalah
break;
}
system("pause");
}
else if(player==1)//kondisi jika player memilih batu
{
switch(cpu)
{
case 0:
system("CLS");
printf("\n\n");
printf("\tANDA vs CPU \n");
printf("\tBATU =><= GUNTING\n");
printf("\n\tHasilnya = ANDA MENANG ");putchar(1);
printf("\n\n");
menang=menang+1;//setiap player menang maka nilai 1 akan ditampung dalam variabel kalah
break;
case 1:
system("CLS");
printf("\n\n");
printf("\tANDA vs CPU \n");
printf("\tBATU =><= KERTAS\n");
printf("\n\tHasilnya = ANDA KALAH ");putchar(2);
printf("\n\n");
kalah=kalah+1;//setiap player kalah maka nilai 1 akan ditampung dalam variabel kalah
break;
case 2:
system("CLS");
printf("\n\n");
printf("\tANDA vs CPU \n");
printf("\tBATU =><= BATU\n");
printf("\n\tHasilnya = SERI\n ");
printf("\n\n");
seri=seri+1;//setiap player seri makan nilai 1 di tampung dalam variabel seri
break;
}
system("pause");
}
else if (player==2)//kondisi jika player memilih kertas
{
switch(cpu)
{
case 0:
system("CLS");
printf("\n\n");
printf("\tANDA vs CPU \n");
printf("\tKERTAS =><= GUNTING\n");
printf("\n\tHasilnya = ANDA KALAH ");putchar(2);
printf("\n\n");
kalah=kalah+1;//setiap player kalah maka nilai 1 di tampung dalam variabel menang
break;
case 1:
system("CLS");
printf("\n\n");
printf("\tANDA vs CPU \n");
printf("\tKERTAS =><= KERTAS\n");
printf("\n\tHasilnya = SERI ");
printf("\n\n");
seri=seri+1;//setiap player seri makan nilai 1 di tampung dalam variabel seri
break;
case 2:
system("CLS");
printf("\n\n");
printf("\tANDA vs CPU \n");
printf("\tKERTAS =><= BATU\n");
printf("\n\tHasilnya = ANDA MENANG ");putchar(1);
printf("\n\n");
menang=menang+1;//setiap player menang maka nilai 1 akan ditampung dalam variabel kalah
break;
}
system("pause");
}
else
{
system("CLS");
printf("\tPerintah ditolak, Coba lebih Teliti ");putchar(16);putchar(17);
printf("\n\n");
}
}
system("CLS");
printf("\n\n\t\t\tGAME OVER\n"); //player kalah sebanyak 3 kali maka game berhenti
printf("\t\t============================\n");
printf("\t\t\tAnda Menang %d\n",menang);//menampilkan jumlah permainan menang, dengan menggunakan variabel yang telah menampung nilai menang
printf("\t\t\tAnda Seri %d\n",seri);//menampilkan jumlah permainan seri, dengan menggunakan variabel yang telah menampung nilai seri
printf("\t\t\tAnda Kalah %d\n",kalah);//menampilkan jumlah permainan seri, dengan menggunakan variabel yang telah menampung nilai seri
printf("\t\t============================\n");
system("pause");
}
sekian dulu dari saya,jika ada pertanyaan boleh di komentarin :)
sampai jumpa di post berikutnya :)
sampai jumpa di post berikutnya :)
wah gan keren,,,,
ReplyDeletewah,, bagus sekaliiiii,,,,,, :v
ReplyDeletemana jempolnya gan , kalau keren
ReplyDeleteyaelah paswordnya apaan nih
ReplyDeletenice :)
ReplyDelete