Tutorial Membuat Game HOMPIMPA dalam Bahasa C

Game Hompimpa Console

Halo semua, Untuk Posting Pertama saya  mau sharing gimana cara membuat game dari bahasa pemrogaman C.
"Hah, sulit nggak tuh?" Sulit nggak nya sih tergantung seberapa terlatihnya logika dan kemampuan kita. saya akan bikin game Hompimpa.


Oke, disini saya menggunakan software Code::Blocks  untuk meng-compile. Apabila kalian belum punya software tersebut, bisa juga menggunakan sofware Dev-C++ 

oh iya, di sini kita bermain bersama cpu.
... gmana tuh, emangnya cpu bisa idup ?

haha gak dong, system nya kita bermain dengan cpu, maksudnya cpu itu akan kita random.
berikut syntax. 
  cpu=rand()%3;//angka yang dikeluarkan oleh CPU dirandom mulai dari angka 0 sampai 3

udah penasaran !. baiklah langsung ke tkp aja 

berikut screenshoot nya :)



1.Tampilan Awal game Hompimpa dan analisinya



2.Langkah Selanjutnya Klik Enter untuk memulai Game , maka akan tampil berikut ini


berikut adalah opsi yang harus kita gunakan Buat bermain game,
0. => kondisi anda memilih Gunting
1. => kondisi anda memilih Kertas
2. => kondisi anda memilih Batu

pada game saya ini, saya hanya memberikan 3 nyawa buat bermain. jadi jika anda kalah selama 3x maka game akan berakhir :D
maaf bukan bermaksud kejam, tpi itu lah peraturan yang saya buat   ^ _ ^ akan tetapi jika anda ingin mengubah berapa nyawa nya bisa kok !

lanjut yahh...

3. Tampilan ketika Anda Menang melawan CPU



4. Tampilan ketika Anda kalah melawan CPU


ketika anda salah maka nyawa anda akan berkurang 1 :D



5. tampilan ketika Anda seri melawan CPU



6.Tampilan ketika Game brakhir



game akan berkahir ketika nyawa anda habis :D , nah data anda akan keluar berapa x anda menang, berapa x anda kalah & berapa x anda seri melawan CPU .

7. Tampilan penutup





untuk memudahkan anda untuk membuat game nya :)
oke berikut source code-nya 

#include<stdio.h>
#include<stdlib.h>

void opening ()//menu awal mulai game
{
    printf("\n\n\n\t\t====================================\n");
    printf("\t\t\tSELAMAT DATANG di GAME\n");
    printf("\t\t\t       HOMPIMPA\n");
    printf("\t\t       Gunting || Kertas || Batu\n");
    printf("\t\t====================================\n");
    system("pause");
}
main ()
{
    int player;//variabel untuk menyatakan angka yang kita input
    int cpu;//variabel untuk menyatakan angka yang dikeluarkan oleh CPU
    int kalah=0;//variabel untuk menangpung nilai kalah di mulai dari 0
    int menang=0;//variabel untuk menangpung nilai menang di mulai dari 0
    int seri=0;//variabel untuk menangpung nilai seri di mulai dari 0


    system("title GAME HOMPIMPA");//untuk mengubah nama judul console,kalau tidak diganti maka nama akan menjadi  tempat lokasi penyimpanan codingan
    opening();//menampilkan void opening
     while(kalah<3)//kesempatan player bermain hanya 3x
        {

        system("CLS");//untuk mengosongkan layar
        cpu=rand()%3;//angka yang dikeluarkan oleh CPU dirandom mulai dari angka 0 sampai 3

        printf("\t (pilihlah sesuai yang ada pada pilihan)\n");
        printf("\n\tGame Gunting Kertas Batu ");printf("\t\t\t\t\t%d=",3-kalah);putchar(3);//menampilakn jumlah nyawa, dan putcher menampilkan kode ascii 3
        printf("\n");
        printf("\t\t0. Gunting\n");
        printf("\t\t1. Kertas\n");
        printf("\t\t2. Batu\n");
        printf("\tMana yang ingin Anda Pilih ? ");
        scanf("%d",&player);//player menginput angka yang dipilihnya

        if(player==0)//kondisi jika player memilih gunting
            {

            switch(cpu)
            {

                case 0:
                system("CLS");
                printf("\n\n");
                printf("\t ANDA    vs     CPU \n");
                printf("\tGUNTING  =><=  GUNTING\n");
                printf("\n\tHasilnya = SERI\n");
                seri=seri+1;//setiap player seri maka nilai 1 di tampung dalam variabel seri
                break;

                case 1:
                system("CLS");
                printf("\n\n");
                printf("\t  ANDA    vs     CPU \n");
                printf("\tGUNTING  =><=   KERTAS\n");
                printf("\n\tHasilnya = ANDA MENANG ");putchar(1);
                printf("\n\n");
                menang=menang+1;//setiap player menang maka nilai 1 di tampung dalam variabel menang
                break;

                case 2:
                system("CLS");
                printf("\n\n");
                printf("\t  ANDA    vs     CPU \n");
                printf("\tGUNTING  =><=    BATU\n");
                printf("\n\tHASILNYA = ANDA KALAH ");putchar(2);
                printf("\n\n");
                kalah=kalah+1;//setiap player kalah maka nilai 1 akan ditampung dalam variabel kalah
                break;
            }
                system("pause");
            }

        else if(player==1)//kondisi jika player memilih batu
            {
            switch(cpu)
            {
                case 0:
                system("CLS");
                printf("\n\n");
                printf("\tANDA     vs     CPU \n");
                printf("\tBATU   =><=   GUNTING\n");
                printf("\n\tHasilnya = ANDA MENANG ");putchar(1);
                printf("\n\n");
                menang=menang+1;//setiap player menang maka nilai 1 akan ditampung dalam variabel kalah
                break;

                case 1:
                system("CLS");
                printf("\n\n");
                printf("\tANDA    vs     CPU \n");
                printf("\tBATU  =><=   KERTAS\n");
                printf("\n\tHasilnya = ANDA KALAH ");putchar(2);
                printf("\n\n");
                kalah=kalah+1;//setiap player kalah maka nilai 1 akan ditampung dalam variabel kalah
                break;

                case 2:
                system("CLS");
                printf("\n\n");
                printf("\tANDA    vs     CPU \n");
                printf("\tBATU  =><=    BATU\n");
                printf("\n\tHasilnya = SERI\n ");
                printf("\n\n");
                seri=seri+1;//setiap player seri makan nilai 1 di tampung dalam variabel seri
                break;
            }
                system("pause");
            }

        else if (player==2)//kondisi jika player memilih kertas
            {
            switch(cpu)
            {
                case 0:
                system("CLS");
                printf("\n\n");
                printf("\tANDA    vs     CPU \n");
                printf("\tKERTAS   =><=   GUNTING\n");
                printf("\n\tHasilnya = ANDA KALAH ");putchar(2);
                printf("\n\n");
                kalah=kalah+1;//setiap player kalah maka nilai 1 di tampung dalam variabel menang
                break;

                case 1:
                system("CLS");
                printf("\n\n");
                printf("\tANDA    vs     CPU \n");
                printf("\tKERTAS   =><=   KERTAS\n");
                printf("\n\tHasilnya = SERI ");
                printf("\n\n");
                seri=seri+1;//setiap player seri makan nilai 1 di tampung dalam variabel seri
                break;

                case 2:
                system("CLS");
                printf("\n\n");
                printf("\tANDA    vs     CPU \n");
                printf("\tKERTAS   =><=    BATU\n");
                printf("\n\tHasilnya = ANDA MENANG ");putchar(1);
                printf("\n\n");
                menang=menang+1;//setiap player menang maka nilai 1 akan ditampung dalam variabel kalah
                break;
            }
                system("pause");
            }

        else
            {
                system("CLS");
                printf("\tPerintah ditolak, Coba lebih Teliti ");putchar(16);putchar(17);
                printf("\n\n");
            }

        }
        system("CLS");
        printf("\n\n\t\t\tGAME OVER\n"); //player kalah sebanyak 3 kali maka game berhenti
        printf("\t\t============================\n");
        printf("\t\t\tAnda Menang %d\n",menang);//menampilkan jumlah permainan menang, dengan menggunakan variabel yang telah menampung nilai menang
        printf("\t\t\tAnda Seri %d\n",seri);//menampilkan jumlah permainan seri, dengan menggunakan variabel yang telah menampung nilai seri
        printf("\t\t\tAnda Kalah %d\n",kalah);//menampilkan jumlah permainan seri, dengan menggunakan variabel yang telah menampung nilai seri
        printf("\t\t============================\n");
        system("pause");

}

sekian dulu dari saya,jika ada pertanyaan boleh di komentarin :)
sampai jumpa di post berikutnya :)

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Tutorial Membuat Game HOMPIMPA dalam Bahasa C"